IDE BISNIS


hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.
pada artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai IDE BISNIS DAN SUMBERNYA
                                                                 yuk kita bahas bersama.







di zaman sekarang yang beberapa orang untuk mendapatkan uang tambahan mereka memilih untuk berbisnis baik itu dari kalangan pelajar,mahasiswa,ibu rumah tangga, atauapun pekerja kantoran.alasan mereka memilih bisnis dalam menambah keuangan untuk kebutuhan hidup adalah karna bisnis dapat di lakukan secara sederhana dan simple tergantung jenis bisnis apa yang ditekuni.
dalam berbisnis kita harus memperhatikan dan fokus akan ide bisnis yang kalian kembangkan maka dari itu menentukan sebuaha ide bisnis merupakan tahap awal dan kunci utama untuk merintis ide dari suatu bisnis yang akan di rintis.dalam artikel sebelumnya blogger sudah menulisnya artikel menganai business plan yang dimana perencanaan suatu bisnis tersebut harus ada landasan dan komponen yang mesti di pahami.

sebetulnya ide bisnis ini sangat dekat dengan kita semua,tapi jika kita tidak pernah memperhatikan atauu tidak sadar akan hal tersbeut,maka ide yang bisa menjadi peluang kesuksesana kalian dalam berbisnis akan lewat aja banggaikan debu yang di hempaskan oleh angin. dalam artikel kali ini blogger akan menjelaskna mengenai sumber ide bisnis yang kemungkinan besar akan berguna dan melatih mengenai dari mana sajakah ide bisnis itu terbentuk :




Sumber ide bisnis untuk pemula awalan usaha baru :
  

1. Minat dan Hobi




Setiap orang tentu memiliki kebiasaan dan kesukaanya masing-masing. Kebiasaan dan kesukaan ini sering disebut hobi. Suatu kegiatan yang sangat senang dilakukan orang tersebut, bahkan hampir setiap saat dilakukannya.Hobi berbeda tentu memiliki ide atau gagasan yang berbeda pula. Kamu bisa menjadikan hobi sebagai bisnismu.



Sumber inspirasi ide bisnis ini, paling dekat dan sangat kamu kuasai. Peluang kalian menjadi seorang pengusaha sukses sangat besar dengan menekuni suatu usaha yang merupakan hobi. Kenapa tidak, semua permasalahan, pengembangan ide dan sebagainya sudah kalian kuasai sebelumnya. Bahkan mungkin saja penguasaan akan hobi tersebut lebih baik dari pada pencipta dari suatu alat pendukung dari hobi yang bersangkutan.



Misalnya : kalian mempunyai hobi mengkoleksi ikan hias maka bisa ada peluang ada bisa membuat yang namanya lapak ikan hias beraneka ragam jenis.bahkan kalian bisa export ikan hias kalian ke beberapa daerah ataupum mancanegara, ini lah bukti bahwa hobi kalian bisa berguna dalam merintis suatu bisnis.



2. Pengalaman kerja


Pengalaman merupakan guru terbaik untuk dijadikan sebagai sumber ide bisnis.pengalaman dalam hal ini tidak hanya berasal dari diri kalian saja tetapi bisa saja dari pengalaman orang lain. Mengenai perkerjaan, pekerjaan yang pernah kalian tekuni pada waktu yang lalu dapat dijadikan sebagai salah satu sumber ide juga.Dengan menggali apa pengalaman kerja sebelumnya, dapat menghasilkan ide bisnis yang bagus. kalian dapat menggunakan ide bisnis tersebut untuk merancang dan mengkonsep usaha apa yang akan kalian mulai.


Sebagai contoh : kalian pernah bekerja di suaut restoran Maka secara tidak langsung kalian sudah belajar dan mendapatkan kemampuan dalam dunia usaha kuliner. Tinggal kalian mempraktekkan ilmu yang sudah didapat dari pekerjaan sebelunya untuk memulai dan mecoba sebuah usaha. kalian dapat mendirikan rumah makan, kedai, warung makan atau bahkan restoran sendiri.
        
3. Pengamatan



Melihat kondisi dan permasalahan yang ada di sekitar Anda juga menjadi cara menemukan suatu ide bisnis. Pelajari kebutuhan masyarakat, apa yang Anda, teman, tetangga cari tapi tidak ditemukan atau susah untuk dipenuhi oleh pasar sekitar.



Dengan menemukan masalah-masalah tersebut, maka pastinya Anda akan menemukan celah untuk menjadi pengusaha sukses.


Sebagai contoh : maraknya harga masker kesehatan yang makin menggila pada masa pandemik covid-19 ini menimbulkan beberapa orang untuk segan untuk membeli masker tersbut tetapi karna kebutuhan yang harus di penuhi pada situasi saat ini maka mau tidak mau harus membelinya.nah sehubung maraknya harga masker tersbut kalian bisa membuat perlengkapan medis sederhana seperti face shield dan menjulan masker yang terbuat dari kain.dengan harga yang tidak begitu mahal dan bahan baku yang tidak begitu sulit.

4. Kemampuan




Kemampuan yang anda miliki bisa anda dapatkan dari hasil belajar. Coba ingat-ingat hal       apa saja yang pernah anda pelajari sebelumnya. Proses pembelajaran tidak hanya datang dari pendidikan formal seperti sekolah saja, namun juga bisa datang dari luar pendidikan non-formal seperti kursus dan pelatihan. Semua hal yang pernah anda pelajari dapat anda gunakan sebagai rujukan sumber ide untuk berbisnis. Kemampuan yang anda kuasai bisa menjadi pondasi yang kuat jika dijadikan sebagai acuan untuk memulai dan menekuni bisnis.



Sebagai contoh : kalian pernah kursus teknik okomotif seperti halnya motor sehingga kalian sering sekali membongkar,memperbaiki motor kalian ataupun menambah aksesoris.nahh bentuk kemampuan itu bisa kalian jadikan sabagai bisnis dalam membuat bengkel aksesoris motor ataupun bengkel motor yang keren.

5. pendidikan




Sebagai besar orang yang mengeyam pendidikan mendedikasikan dirinya pada sebuah perusahaan.baik itu perusahaan besar maupun perusahaan dengan skala kecil.tapi tidak sedikit pula orang yang berhsil memanfaatkan ilmu yang di peroleh dari bangku kuliah dengan membangun sebuah bisnis.



sebagai contoh : dalam menjadi mahasiswa kita tidak dilatih hanya dalam pengetahuan semata tapi juga ikut langusung berperan dalam kepentingan masyarakat.seperti halnya pada setiap universitas memberikan bekal untuk menjadikan mahasiswa dalam menjadi seorang pembisnis itulah kenapa blogger menulis artikel mengenai kewirausahaan ini.supaya apabila blogger lulus dari perguruan tinggi ini dapat membuat suatu usaha yang berguna bagi penggunanya juga bagi blogger sendiri.




untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut : 


Komentar