Analisis kelayakan bisnis/informasi


hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.
pada artikel ini saya akan membahas sedikit mengenai ANALISA KELAYAKAN BISNIS/INVESTASI
 

suatu bisnis dapat dikatak layak atau tidak dapat di lihat dari manjaemen atau pengelolahannya.dalam manajemen keuangan sebuah keputusan investasi dapat dianalisa dengan memperhatikan berbagai kriteria sehingga penilaian investasi  layak atau tidaknya suatu investasi yang dilakukan pada sebuah perusahaan.sebelumnya mari kita memahami pengertian analisa kelayakan bisnis.
                                                                                           
Definisi analisa kelayakan bisnis 
analisa kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan sebelum menjalankan usaha, dan untuk mengontrol kegiatan operasional agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. maka karena itu penting untuk itu mengetahui dan mengenal kelayakan bisnis  yang akan di rintis:
dapat kita pahami kawan-kawan pembaca bahwa analisa ini bertujuan unuk melihat apakah bisnis yang akan kita  rintis ini akan mendapatkan keutungan dan menciptkan sebuah bisnis yang berjalan dengan baik.
dalam manajemen keunganan , ada beberapa metode penilaian investasi yang bisa dipakai untuk menentukan apakah suatu investasi layak atau tidak layak dilakukan sebuah perusahaan. diantaranya seperti :

1. Metode Payback Period (PP) 
metode payback period adalah sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya seperti awal mula.

Dengan analisa metode payback period akan diketahui berapa lama sebuah investasi bisa dikembalikan ketika terjadi kondisi BEP (break even point) atau titik impas.dalam metode perhitungannya hasil payback periode menunjukkan periode pengembalian yang lebih cepat. Maka investasi tersebut layak untuk dijalankan. Begitupun sebaliknya.

2.  Benefit cost ratio (B/C ratio)

Benefit cost ratio  adalah sebuah perbandingan antara semua nilai benefit terhadap semua nilai pengorbanan atau biaya. Benefit Cost Ratio merupakan salah satu metode kelayakan investasi. Pada dasarnya perhitungan metode kelayakan investasi ini lebih menekankan kepada benefit (manfaat) dan perngorbanan (biaya/ cost) suatu invetasi, bisa berupa usaha, atau proyek. Pada umumnya jenis invetasi yang sering digunakan adalah proyek-proyek pemerintah dimana benefitnya jenis benefit langsung, manfaatnya akan terasa langsung pada masyarakat banyak.

3. Metode Net Present Value (NPV)

Metode Net Present Value  adalah selisih antara nilai sekarang dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan uang kas bersih dimasa mendatang.
Dalam perhitungan net present value diperlukan data-data mengenai perkiaraan biaya operasi dan pemeliharaan, biaya investasi dan prakiraan keuntungan dari investasi yang sedang direncanakan.
Keputusan dengan mengguanakan analisa NPV ini ada dua kemungkinan.
  1. Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih besar yang berarti nilai NPV positif. Maka investasi tersebut layak untuk dijalankan. 
  2. Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih kecil yang berarti nilai NPV negatif. Maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.  
4. Metode Internal Rate of Return

Analisa metode penilaian Internal Rate of Return  adalah metode analisa investasi dengan menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang) dari penerimaan arus kas dimasa yang akan datang.
Metode ini termasuk metode yang sering digunakan dikarenakan berpendapat bahwa penghitungan dengan metode ini menunjukan tingkat return yang sebenarnya



Cara Menghitung NPV (Net Present Value)

Rumus NPV ini cukup rumit karena menambahkan semua arus kas masa depan dari investasi, mendiskon arus kas tersebut dengan tingkat diskonto dan menguranginya dengan Investasi awal. Persamaan dan Rumus Net Present Value (NPV) ini dapat dilihat dibawah ini:

NPV = (C1/1+r) + (C2/(1+r)2) + (C3/(1+r)3) + … + (Ct/(1+r)t) – C0
atau
Rumus NPV (Net Present Value) 

Dimana :
NPV = Net Present Value (dalam Rupiah)
Ct = Arus Kas per Tahun pada Periode t
C0 = Nilai Investasi awal pada tahun ke 0 (dalam Rupiah)
r = Suku Bunga atau discount Rate (dalam %)



Selain rumus NPV diatas, kita juga dapat menggunakan tabel PVIFA (Present Value Interest Factor for an Annuity) kemudian masukan hasilnya ke persamaan atau rumus NPV dibawah ini :
                      NPV = (Ct x PVIFA(r)(t)) – C0


tabel FVIFA  


Contoh Kasus Perhitungan NPV (Net Present Value)

Manjemen Perusahaan ABC ingin membeli mesin produksi untuk meningkatkan jumlah produksi produknya. Harga Mesin produksi yang baru tersebut adalah sebesar Rp. 150 juta dengan suku bunga pinjaman sebesar 12% per tahun. Arus Kas yang masuk diestimasikan sekitar Rp. 50 juta per tahun selama 5 tahun. Apakah rencana investasi pembelian mesin produksi ini dapat dilanjutkan?

Penyelesaiannya :

Diketahui :
Ct = Rp. 50 juta
C0 = Rp. 150 juta
r = 12% (0,12)

Jawaban :
NPV = (C1/1+r) + (C2/(1+r)2) + (C3/(1+r)3) + (C3/(1+r)4) + (Ct/(1+r)t) – C0
NPV = ((50/1+0,12) + (50/1+0,12)2 + (50/1+0,12)3 + (50/1+0,12)4 + (50/1+0,12)5) – 150
NPV = (44,64 + 39,86 + 35,59 + 31,78 + 28,37) – 150
NPV = 180,24 – 150
NPV = 30,24

Jadi nilai NPV-nya adalah sebesar Rp. 30,24 juta.
           

Menggunakan Tabel PVIFA



Berdasarkan tabel PVIFA, angka yang didapat dari suku bunga 12% (r) dan periode 5 tahun (t) adalah sebesar 3.6048. Angka tersebut dimasukan ke rumus NPV dibawah ini :
NPV = (Ct x PVIFA(r)(t)) – C0
NPV = (50 x PVIFA(12%)(5)) – C0
NPV = (50 x 3,6048) – 150
NPV = 180,24 – 150
NPV = 30,24

Hasilnya juga sama dengan nilai NPV yang didapat dari rumus NPV pertama yaitu se30,24 atau Rp. 30,24 juta.

untuk lebih jelasnya dengan proses perhitungannya bisa lihat video dibawah ini :




berikut adalah penjelasan singkat mengenai artikel ini..semoga bermanfaat..jaga kesahatan..rajin cuci tangan dengan sabun dan air..
sampai jumpaa....

Komentar