WILIAN TANUWIJAYA




kisah singkat keberhasilan dari seorang wilian tanuwijya yang kini namanya sudah exist di dunia e-commerce khususnya di indonesia ini.dia lah pendiri sekaligus CEO Tokopedia.

kisah seorang wilian


William Tanuwijaya adalah sosok entrepreneur Indonesia yang berasal dari kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. William Tanuwijaya dilahirkan pada tanggal 11 November 1981. Setelah tamat SMA, Beliau merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan. William Tanuwijaya mengenyam pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), di jurusan Teknik Informatika.Selama kuliah, tepatnya saat semester II, William juga bekerja sebagai penjaga warnet. William mengatakan pekerjaan sebagai penjaga warnet banyak memberikan keuntungan, selain tambahan uang saku juga akses internet gratis. Dari sinilah William Tanuwijaya mengenal lebih dalam mengenai internet. Setelah lulus kuliah, William sempat bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual beli online KafeGaul.

Awal Mula William Tanuwijaya Saat Mendirikan Tokopedia 

William mengajak salah satu rekannya bernama Leontinus Alpha Edison, merintis Tokopedia.com pada tanggal 6 Februari 2009. Waktu pengembangan Tokopedia, membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Tepat pada ulang tahun Indonesia yang ke 64 (17 Agustus 2009), William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison merilis Tokopedia. 
Tokopedia boleh dibilang memiliki perkembangan jumlah penjual dan pembeli yang cukup bagus. Pada tahun pertamanya, Tokopedia mendapatkan suntikan investasi. Prestasi di tahun pertamanya, Tokopedia mendapatkan penghargaan dari Bubu Awards sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia.



William Tanuwijaya Sempat Kesulitan Mencari Modal

William Tanuwijaya sempat sharing bahwa saat awal mendirikan Tokopedia, Beliau banyak diremehkan orang.  

Banyak orang yang menolak ide bisnis yang disodorkan William Tanuwijaya. Modal pertamanya dijalankan dengan cara mencari modal sendiri dan suntikan dana dari bos. 

Dengan modal seadanya, Tokopedia berjalan dengan usaha yang maksimal.Tak lama investor mulai berdatangan, salah satunya East Ventures. Sejak tahun 2010, Tokopedia selalu mendapat investasi dari asing, seperti East Ventures (pada 2010), CyberAgent Ventures (2011), Beenos (2012), dan SoftBank (2013).



maka  kita katakan pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang wilian adalah satu tekun dan yakin walaupun tantangan masalah atauapun ujian pasti datang cuma waktu yang menentukan.


Banyak hal dapat kita pelajari dari kisah sukses William Tanuwijaya antara lain:
  1. Memulai dengan ide sederhana, mengatasi permasalahan langsung (bisnis online yang rawan penipuan) dan didukung dengan riset.
  2. Pantang menyerah saat mengalami kesulitan, terlebih saat fase-fase mengumpulkan pendanaan (funding).
  3. Mau memperjuangkan mimpinya. Pada tahun-tahun awal Tokopedia, William berusaha mendanai bisnisnya sendiri. Walaupun hal ini tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin untuk dijalankan.
  4. Mampu memberikan rasa aman kepada pemangku kepentingan (stake holder), seperti penjual, pembeli dan investor. Buktinya William dipercaya oleh investor, dengan pendanaan setiap tahun.
  5. Memberikan solusi yang baik untuk Bangsa Indonesia. Tokopedia memberikan harapan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat meningkatkan pendapatannya. Mempermudah akses untuk menjual barang-barang secara online

Komentar