Bussines Plan

hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.
pada artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai Bussines Plan
                                                                 yuk kita bahas bersama.





dalam merencanakan suatu bisnis yang baik dan bisa dikatakan layak maka setiap calon wirasusaha harus perlu memperhatikan beberapa aspek penting dalam merintis ataupun merencakana suatu bisnis yang baru.nah jika kita lihat secara global pada perusahaan yang kini sudah berhasil dan beryata itu tidak luput dari rencana bisnis yang matang dan baik sehingga semua kebutuhan yang dibutuhkan suautu usaha tersebut dilakukan dengan menajemen yang sangat baik,juga pengetahuan akan analisa kelayakan bisnis yang sudah di pahami.

Jika kawan pembaca ingin merencanakan suatu bisnis yang berhasil dan ingin mendapatkan untung ingatlah untuk memahami betul ide bisnis apa yang akan kalian raih sehingga bisnis kalian bukan lagi dikatakan " realita tidak sesuai dengan ekspetasi ".. sesuai dengan judulnya blogger akan menjelaskan topik-topik yang ada dalam Business plan atau rencana bisnis.

 
A. Pengertian Business Plan

menurut wikipedia ,Business Plan adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah  bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

menurut Menurut Bygrave (1994: 114), Business Plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan tujuan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.

Megginson (2000) Business plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis,cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnisinya.

Nahh kawan-kawan pembaca dari pengertian diatas walaupun memeliki bahasa dan pengertian yang berbeda-beda ada beberapa kata yang pasti ada dalam pengertian tesebut adalah “tujuan”. Jadi bisa kita katakan Business plan adalah suatu pemikiran yang matang akan ide bisnis yang terdiri dari tujuan akan bisnis tersebut,kinerjanya dan proses operasi dan pemikiran keutungan dan bisa dapat diraih.

B. Manfaat Business Plan

Setelah kawan-kawan pembaca memahami apakah arti dari busines plan itu.Business plan ini nantinya berisi mengenai tata cara untuk mngerjakan sesuatu,siapa saja yang terlibat dalam bisnis oleh calon usaha tersebut,lokasi  usaha,sumber modal dan lain-lain.busines plan yang disusun dengan baik itu kan membawa usaha yang kalian rintis menuju kesuskesasan.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa didapat dengan merencanankan bisnis dengan matang ini:
1.      Mengawali sebuah bisnis
Dengan Business plan yang baik dan jelas dapat membuat kawan pembaca tahu apa saja sih yang akan di lakukan untuk kedepannya demi usaha yang kalian rintis ,juga memiliki gambaran yang jelas akan bisnis yang dimiliki untuk mengembangkan usaha kalian ini.

2.      Membantu permodalan
Business plan yang detail,rapi dan bagus bisa dijadikan daya tarik untuk mendatangkaninvestor dan konsumen akan produk atau pun jasa yang kalian produksi pada bisnis kalian ini.dan mudah mendapat sokongan dana dari pada kreditor atau lembaga keuangan lainnya.

3.      Membantu membuat keputusan
Busines plan ibarat sebuah rambu lalu lintas yang dapat digunakan sebagai penunjuk arah tujuan,serta memutuskan apakah bisnis yang kalian jalani ini sesuai dengan apa yang direncanakan atau tidak.

4.      Membantu mengembangkan ide
Adanya business plan membuat ide-ide bisnis akan lebih terencana dan sistematis. Melalui beberapa pendekatan pada business plan, kawan pembaca akan lebih mudah untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), mengetahui siapa saja yang menjadi sasaran produksi, mengetahui apa yang diproduksi, sistem pemasaran yang tepat, dan strategi operasional apa yang dijalankan agar bisnis bisa mendulang kesuksesan.

5.      Memberikan gambaran pada konsumen dan investor
Business plan yang baik bisa mendatangkan investor dan kreditor untuk memberikan modalnya. Misalnya, dalam hal pemasaran. Adanya business plan membuat kita lebih peka terhadap produk yang dimiliki. Hal ini juga bisa digunakan untuk membandingkan produk kita dengan produk perusahaan lainnya yang sejenis.

.
 C. Prinsip Business Plan

Prinsip-prinsip dalam bussines plan ada lima, yaitu:
1.      Prinsip otonomi, adalah pengusaha atau pelaku usaha meiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.

2.      Prinsip Kejujuran, ialah jujur sangat penting dalam berbisnis atau berusaha, karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan berjalan sesuai rencana.

3.      Prinsip Keadilan, ialah dalam berbisnis ini kita harus mengaktualkan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan rencana yang kita harapkan.

4.      Prinsip Saling Menguntungkan, ialah didalam berbisnis tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, tetapi harus sama-sama saling menguntungkan. Dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepat untuk mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar tersebut. 

5.      Prinsip Integritas Moral, ialah seorang pengusaha bukan hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan itu harus memiliki media yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut. 

 D. Komponen Business Plan


1.      Deskripsi usaha.
2.      strategi pemasaran
3.      Analisis pesaing
4.      Rencana Desain dan Pengembangan
5.     Rencana Operasional dan Manajemen
6.      Analisis finansial/keuangan.
7.   Kesimpulan Usaha








Komentar