Manajemen Keuangan

hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.
pada artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai manajemen keuangan
yuk kita bahas bersama.



Pernah mengalami suatu permasalahan kehidupan dalam hal keuangan ??seperti uang bulanan yang mungkin jatahnya untuk keperluan 1 bulan bisa habis dalam waktu 2-3 minggu??
mungkin ada beberapa yang pernah mengalaminya.nah dari permasalahan itu bisa kita katakan manusia tidak luput dan lupa jika sudah mendapatakan uang yang telah kita dapatkan dengan hasil kerja keras sehingga lupa berapa nominal uang yang telah kita keluarkan dengan uang tersebut dan menjadikan itu sebagai pemborosan.hingga kita perlu mengetahui pemasukan dan pengeluaran yang telah kita lakukan dalam permasalahan keuangan.

Dalam artikel ini,kita kan memahami mengenai manajamen keuangan yang pada dasarnya tujuan utamanya adalah untuk manjaga dan mengatur alur keuangan sehingga bisa diketahui berapakah uang yang didapatkan dan dikeluarkan.

Manajamen keungan penting untuk kita pelajari, tidak hanya untuk suatu seorang pengusaha tetapi juga untuk kita semua sebagai manusia yang hendak menggunakan uangnya seefektif dan se efesien mungkin.khusus bagi para pengusaha manajemen keuangan adalah salah satu bidang yang fokus pada penggunaan modal, uang pinjaman, dan dana bisnis lainnya secara efisien dan efektif serta proses pengambilan keputusan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dan penambahan nilai suatu entitas.(kepher petra)

Lalu seperti apa sih manajemen kuangan yang perlu diperhatikan bagi para pengusaha yang sudah atau masih merintis usaha mereka.mari kita bahasa bersama :

Definisi manajemen keuangan
Manajemen keuangan adalah kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi aktivitas keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana yang di miliki oleh suatu perusahaan. Manajemen keuangan juga berarti menerapkan prinsip manajemen umum terhadap sumber daya keuangan perusahaan.
Jadi semua hal yang berkaitan dengan keuangan semuanya akan diatur dan dikelolah oleh manajer dalam menangani keungan secara efektif dan efisien sehingga memberikan keuntugan dan tidak menimbulkan kerugian bagi suatu perusahaan.
Dalam pengelolan keuangan ada 3 aspek yang harus diperhatikan yaitu,
 1).  Bagaimana sumber Dana itu diperoleh
 2).  Merencanakan dan mengendalikan dana yang diperoleh
 3).  Serta bagaimana menggunakan dana yang efektif dan efesien   

Pada gambar dibawah ini dapat dilihat siklus sumber dan penggunaan serta rencana dan pengendaliannya.  



Sumber Dana

Memperoleh sumber dana merupakan aspek yang penting dalam merintis atau memanajemen suatu keuangan.karena saat kita merintis suatu usaha baru kita perlu yang namanya modal.modal tersebut ini yang menjadikan sumber dana yang harus perlu diperoleh dari dasarnya seperti modal pinjaman ke bank atau saham. ada beberapa jenis menganai sumber dana diantaranya :
1.      Dana Pribadi (modal sendiri)
Dapat diperoleh dari tabungan individu, teman dan atau saudara, investor perorangan lain, perusahaan – perusahaan besar, perusahan modal ventura, dan penjualan saham.

2.      Pendanaan dari utang (pinjaman)

Dapat diperoleh dari teman atau saudara, investor perorangan lainnya, para pemasok   bahan baku pemberi pinjaman berbentuk asset, bank-bank komersial, program-program yang didukung oleh pemerintah, lembaga-lembaga keuangan swadaya masyarakat, perusahaan-perusahaan besar dan perusahaan modal ventura.

Penggunaan dana

Penggunaan sumber dana harus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian pinjaman.  Rencana dana harus ditetapkan terlebih dahulu dan ini merupakan bagian dari rencana usaha atau kelayakan usaha, dimana pengalokasian dana harus mengikuti prinsip pengelolaan keuangan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut. Rencana penggunaan dana jangka pendek berupa; kas, surat berharga, piutang, dan persediaan termasuk dalam investasi aktiva lancar dan rencana penggunaan dana jangka panjang berupa; Tanah, gedung, pabrik dan peralatan termasuk dalam investasi aktiva tetap .

Cashflow
 
Cash flow memiliki peran vital dalam suatu operasional rutin pada perusahaan. Aliran kas ibarat darah pada tubuh manusia karena tidak ada satu pun bisnis yang tak lepas dari persoalan yang berkaitan dengan cash flow ini. Namun secara teori, aliran kas atau arus kas memiliki pengertian suatu laporan keuangan yang didalamnya berisi informasi mengenai pengaruh kas dari kegiatan operasi, transaksi investasi dan transaksi pembiayaan atau pendanaa serta kenaikan maupun penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu. Jika kita sedang menghitung penerimaan keuangan dan pengeluaran apa saja yang kita lakukan, maka itulah yang disebut cash flow.


  
 

Komentar