My Business



Hallo semua.apa kabar? semoga kawan-kawan semua baik saja yak.
pada kesempatan ini saya kan kembali menulis artikel dalam menjadi seorang wirausaha.topik kita kali ini adalah bisnis apakah yang saya akan rintis.


Deskripsi  bisnis

 bisnis yang kemungkinan saya akan rintis kembali adalah bisnis kecil perkayuan atau kita sebut aja adalah bisnis mabel.bisnis ini merupakan suatu bisnis yang biasanya ada di lingkungan perdesaan dikarena dekat dengan  baha baku.di dalam bisnis mabel ini terdiri dari pembuatan pintu,jendela,lemari meja dll semua yang berhubungan dengan kayu.latar belakang saya memilih bisnis ini adalah karena kayu merupakn bentuk bahan baku yang mudah untuk di olah dan dibuat menjadi kerajinan yang bagus dan awet juga tidak berbahaya.usaha daganng ini pun sangat di minatin oleh beberapa konsumen dalam interior ruangan ataupun peralatan dan kebutuhan yang ada dirumah.dan untuk memudahkan promosi daapt dilakukan lewat situs web yang dimana situs tersebut selain memasarkan juga dapat memesan langsung pada website tersebut.

Sumber Ide Bisnis

mengenai sumber ide bisnis ini,sebenarnya bisnis adalah adalah bisnis keluarga yang sudah lama tidak diurus semenjak alm ayah saya telah meninggal..semenjak beliau hidup saya diajarka seperti apa membuat peralatan-peralatan rumah dan hasil-hasil barang dari kayu.seperti pintu,jendelan dan kusennya.jadi menganai sumber bisnis ini berasal dari pengalaman,kemampuan yang beliua berikan juga pendidikan yang telah ajarkan.

Produksi

dalam hal ini bahan baku yang saya dapatakn berasal dari penjual ataupun distributor kayu utuh yang teridir dari berbagai macam jenis kayu yang di jual.proses produksi pembuatan yang dilakukan memerlukan beberpa perlatan untuk menciptakan hasil yang sempurna.seperti jenis kayu yang akan di gunakan.usaha ini tidak hanya menghasilkan produk dalam perumahan melaikan akan saya coba mempelajari dan membuat seuatu karya lain dengan bahan baku kayu.seperti pembuatan mimbar masjid yang memiliki corak dan model yang sangat indah.

Team

 pada persoalan ini,setiap usaha dagang seperti ini pasti memerlukan atau orang-orang yang ikut bertanggung jawab demi kelanjaran dan kesuksesan bisnis ini.dalam usaha mabel ada beberepa team yang ikut serte seperti tukang yang bekerja dalam proses pembuatan,pemasaran dan pengelolah..sebenarnya untuk usaha baru yang akan saya rintis ini hanya memerlukan tukang yang berkerja sebagai tenaga bantuan dalam mengerjakan apabila pesanan yang banyak.

Pemasaran

dulu usaha yang pernah di dirikan oleh alm ayah ini sering terjadi masalah.masalah tersbut paling sering adalah berkurangnya konsumen yang datang dan membeli..ini dikarenakan tempat berdirinya usaha tersbut hanya ada di lingkungan desa dan model pemasaran yang dilakukan hanya mengandalkan mulut ke mulut.jadi menganai hal ini model pemasaran yang akan saya lakukan adalah dengan memasang iklan dan menggunakan situs web guna dalam pemasaran produk juga pemesanan produk secara online dan terpecaya dan memilih tempat usaha yang lebih stratergis,hingga mudah di lihat oleh orang.

Keuangan

 keuangan menjadi faktor penentu kelancaran bisnis. Seperti dalam awal bisnis nantinya akan memerlukan modal, dan  modal yang saya pakai kemungkinan berasal dari pinjaman bank atau simpanan tabungan. Modal ini berfungsi sebagai pembelian bahan baku.oh ya bisnis ini pada saat ini masih berjalan tetapi pemasukan yang di dapat menjadi jarang karena hal yang saya jelaskan di pemasaran.maka selain membeli kembali bahan baku juga menyewa tempat yang lebih strategis.


Selain modal, di keuangan ini terdapat perhitungan akan penentuan harga produk yang dijual, kemudian terdapat laporan keuangan yang nantinya akan menjadi acuan kelayakan bisnis yang akan dijalani. Jika bisnis ini berjalan lancar dan mendapat keuntungan, sudah pasti akan terus dikembangkan. Namun sebaliknya, jika malah rugi akan mencari solusi lain ataupun fatalnya adalah berhenti berbisnis itu


Sebagai ilustrasi saya akan menampilkan dengan model BMC.



yukk simak video pembahasannya :



untuk melihat proposal bisnis mabel ini silahkan klik link di bawah 

Komentar