Business Model Canvas

hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.

pada artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai Business Model Canvas
yuk kita bahas bersama.




mungkin diantara kalian pernah merasa terkagum akan perkembangan bisnis yang dimiliki oleh orang lain dengan waktu yang relatif singkat itu disebabkan karena parah wirausaha tersebut mempunyai model bisnis yang efisien sehingga bisa mencapai target dengan secara efektif. Model bisnis bisa didefinisikan sebagai paparan strategi yang harus dibuat sebuah bisnis sebelum mulai berkompetisi dengan bisnis lainnya.sebernarnya setrategi model bisnis ini sangat banyak karena bentuk setrategi ini akan berhubungan dengan aspek dalam keberhasilan bisnis/usaha. Model bisnis di antaranya mengatur tentang tujuan hubungan kita dengan supplier, dengan distributor atau dengan para pelanggan secara langsung.
mengenai model bisnis ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai model bisnis yang lumayan terkenal pada suatu usaha yaitu, busness model canvas.
 
Pengertian dari Busness Model Canvas (BMC)
 
Bisnis model canvas adalah alat representasi visual yang dapat menjelaskan secara komprehensif sebuah proses bisnis. Dengan tools BMC ini, kita dapat memahami sebuah bisnis secara garis besar tanpa harus membuat dokumen bisnis plan panjang lebar.Model bisnis yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.
 
Jika kita lihat, sebenarnya alur model bisnis kanvas  cukup sederhana. maksudnya adalah alur bisnis mengalir dari satu elemen yang satu ke elemen penting lainnya. Mengenai elemen bisnis apa saja yang menjadi ruh model bisnis kanvas, akan dijabarkan di bawah ini.
 
9 Elemen Penting Lahirnya Model Bisnis Kanvas
 
      1. Customer Segments
Pada elemen pertama ini kita pada awalnya harus menentukan target pelanggan yang mana akan menjadi target bisnis kita.karena kerberhasilan suatu usaha berasal dari pelanggan yang marasa puas dan perlu akan produk yang kita gunakan.juga kebutuhan pelanggan lah yang harus kita penuhi untuk merintis sebuah usaha.
 

       2. Value Propositions
Elemen kedua ini kita harus memahami dan menganalsis manfaat atau benfit apa yang akan didapatkan oleh para pelanggan jika memilih bisnis/usaha kita.maka hal ini lah yang menjadi kesempatan kita untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan bisnis kita yang membedakan dengan bisnis pesaing yang lain.
 

       3. Channels
Elemen ke tiga adalah Melalui penggunaan channels yang tepat, kita baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments. Jadi, memikirkan channels juga menjadi salah satu elemen terpenting bagi keberhasilan bisnis.

      4. Revenue Streams
Elemen ke empat adalah Aliran pendapatan tentu menjadi salah satu tujuan utama dari sebuah bisnis. Sehingga elemen yang satu ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai ada bahan baku, produk atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal dan mengakibatkan kerugian pada bisnis.

      5. Customer Relationship
Elemen yang ke lima adalah  bagaimana jalinan hubungan kita dengan pelanggan. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan bisnis kita tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.

      6. Key Activities
Elemen ke enam adaldah Kegiatan apa yang harus dilakukan untuk menciptakan value prepositions yang efektif? Hal ini tentu menjadi pembahasan yang tak kalah penting dalam elemen key activities.

      7. Key Resources
Elemen ke tujuh adalah Agar bisa mewujukan tujuan bisnis, kita tentu harus mengelola sumber daya bisnis tersebut semaksimal mungkin. Semua jenis sumber daya mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan SDM dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis

     8. Key Partnership
Elemen ke delapan adalah Bisnis yang baik tidak hanya mampu menjalin hubungan dengan para pelanggan saja. Karena hubungan dengan pihak supplier atau tim pemasaran juga harus diperhatikan. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi.

     9. Cost Structure
Elemen terakhir yang tak kalah pentingnya dengan kedelapan elemen lainnya adalah struktur pembiayaan bisnis. Mengelola biaya secara efisien akan membuat bisnis yang kita jalankan menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan risiko kerugian.




                                                 Contoh BMC dalam usaha game development




okeh semua...berikut adalah penjelasan mengenai Busness Model Cancas(BMC).tidak terlalu panjang dibandingkan artikel sebelumnya .semoga siapapun anda yang membaca tulisan ini semoga bisa manambah pengetahuan kalian semua.
jadiii tunggulah artikel berikutnya dan jangan bosan-bosan membaca karena membaca merupakan cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
sehat selalu,,.... tetap jaga kesehatan dan rajin-rajin cuci tangan dengan sabun agar kita tehindar dari  COVID-19 ini.
okehhh....
SAMPAI  JUMPA.

Komentar