Dalam suatu usaha walaupun itu adalah usaha kecil peran organisasi dan manajemen ada di dalamnya walaupun tidak seperti dibanyangakan oleh beberapa orang,maka untuk itu kita harus memahami mengenai organisasi dan manajemen dalam suatu usaha sehingga usaha yang kita bangun bisa berjalan dengan baik.
A.Pengertian Organisasi
Menurut Wikipedia :
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.[1] Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi
orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan
sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan
sumber daya sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi olehe beberapa aspek penyatuan seperti mewujudkan visi.organisasi dianggap baik jika organisasi yang dapat diakui
keberadaannya oleh masyarakat di sekitarnya, karena memberikan
kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat
sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
B. Pengertian Manajemen
Penegertian manajemen adalah seperangkat prinsip yang berkaitan dengan
fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dan
penerapan prinsip-prinsip ini dalam memanfaatkan sumber daya fisik,
keuangan, manusia dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Unsur-Unsur Manajemen
- Sumber Daya Manusia
- Keuangan
- Material Atau Bahan Baku
- Mesin
- Metode
- Pasar
Fungsi Manajemen
Perencanaan
Perencanaan ini berorientasi pada masa depan dan menentukan arah
perusahaan. Ini adalah cara yang rasional dan sistematis untuk membuat
keputusan yang akan berpengaruh terhadap masa depan perusahaan. Dengan
perencanaan ini, segala kegiatan yang akan dan suatu saat akan dilakukan
bisa diatur sedemekian rupa sehingga tujuan perusahaan bisa tergapai.
Pengorganisasian
Pengorganisasian ini berguna untuk mengkordinasikan berbagai kegiatan
dalam perusahaan. Hal ini sangat penting untuk memudahkan pengawasan
terhadap sumber daya agar bisa menjalankan kegiatan secara efektif dan
efisien. Lebih mudahnya, pengorganisasian dilakukan untuk menentukan
tugas yang akan dikerjakan dimasing-masing pihak.
Kepegawaian
Kepegawaian ini berfungsi untuk merekrut dan mempertahankan tenaga
kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik di tingkat manajerial
maupun non-manajerial. Dalam hal ini berkaitan juga dengan pelatihan,
pengembangan, kompensasi dan evaluasi karyawan, dan mempertahankan
tenaga kerja ini secara insentif dan memberikan motivasi yang tinggi.
Hal itu didasari karena manusia adalah faktor paling vital dalam proses
manajemen, penting untuk merekrut karyawan yang tepat.
Pengarahan
Fungsi pengarahan ini berkaitan dengan kepemimpinan, komunikasi,
motivasi dan pengawasan sehingga karyawan melakukan aktivitas mereka
dengan cara yang seefisien mungkin, untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Dalam pengarahan, komunikasi yang baik sangat diperlukan
agar informasi bisa diterima dengan baik oleh para pekerja. Selain itu,
pemberian motivasi juga akan berpengaruh besar terhadap kinerja
pekerjannya.
Pengontrolan
Fungsi pengontrolan terdiri dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan
untuk memastikan bahwa apa yang pekerja lakukan sesuai dengan tugas
mereka. Kegiatannya terdiri dari penetapan standar yang harus dilakukan
pekerja hingga memperbaiki penyimpangan yang dilakukan oleh pekerja yang
ada dalam perusahaan.
C. Peranan Manajemen dalam Organisasi
kita bisa lihat dari fungsi manajemen maka peranana manajemen dalam organisasi adalah menagatur semua struktur organisasi yang sesuai dengan kehendak perusahaan ,membantu manjer dalam memberikan tugas dan melakukan pengawasan juga menentukan orang-orang yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan,membantu dalam pengambilan keputusan sehingga organisasi tersusun dengan baik.Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi
pada perusahaan atau organisasi. Menajemen yang tidak bisa menjalankan
peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan.
I. Menciptakan bayangan kesuksesan untuk bisnis kita, dengan memiliki Organisasi kita telah berimajinasi seperti apa bisnis kita dimasa
mendatang.
II. Memudahkan pengembangan Sumber Daya Manusia, dengan Organisasi kita mampu melihat bagian-bagian perusahaan mana saja yang nantinya membutuhkan SDM, Organisasi juga bisa menjadi alat pada saat kita melakukan perekrutan atau penambahan karyawan nantinya. Dengan adanya Organisasi kita akan berusaha untuk mendapatkan SDM yang berkualitas pada posisi-posisi yang saat ini masih kosong atau rangkap jabatan.
III. Fungsi delegasi, dengan Organisasi kita bisa dengan mudah memisah fungsi delegasi antar setiap bagian pekerjaan, sekalipun rangkap jabatan masih ada setidaknya akan diketahui pada posisi mana kita sedang bekerja. Hal ini akan sangat terasa ketika kita telah memiliki karyawan, kadangkala kita melimpahkan pekerjaan pada karyawan tetapi hal itu tidak sesuai dengan lingkup pekerjaannya, sehingga hasil pekerjaan tersebut menjadi tidak maksimal, jika sejak awal kita telah menempatkan karyawan tadi pada suatu posisi tertentu
Komentar
Posting Komentar