ASPEK PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHAAN



Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.
adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Jadi konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.

Dalam pemasaran ini ada beberapa apsek yang bisa membantuk dalam proses pemasaran bagi para wirausaha :

1. PRODUK
    
Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.
hal mengenai spesifikasi produk yang ditawarkan menjadi salah tau aspek yang harus dilakukan untuk memeberikan informasin mengenai produk yang akan di beli oleh konsumen.setiap produk yang di jual perlu harus memiliki kualitas dan kuantitas sehingga produk tersebut bukanlah barang atau jasa yang tidak berguna tapi kenapa dijual untuk berguna bagi konsumen yang membelinya.

2. Pasar

sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal harus membagi pasar yang pada mulanya bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen. 

segmentasi pasar perlu di lakukan? Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja.

3. Peramalan Penjualan

Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika  ingin memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan harus tepat yang mana akan berpengaruh terhadap bisnis di masa depan.
Kenapa ramalan penjualan begitu penting? Hal ini karena ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.

4. Analisa Pesaing

 analisa pesaing menjadi aspek penting dalam pemesaran karena dengan analisa ini suatu perusahaan bisa menentukan dimana  memposisikan perusahaan  dalam dunia bisnis.Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan yang kita miliki. Kalau setiap wirausaha tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin  akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.
Analisa pesaing dapat di lakukan dengan melakukan identifikasi. Identifikasi atas hal apa? Yaitu  mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.
Selain itu identifikasi bisa juga dilakukan terhadap kekuatan dan kelemahan pesaing yang mana bisa memunculkan ilham bagi wirausaha tersebut. Jadi untuk mengawali analisa pesaing dapat di lakukan dengan melihat mana saja perusahaan yang menjadi pesaing umum dan pesaing potensial.

5. Promosi

Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.
Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam promosi adalah sebagai berikut:
 

      Tujuan promosi

Seorang penjual harus mengetahui tujuan mengapa dia harus melakukan promosi. Dengan   tujuan yang jelas maka dia bisa melakukan promosi dengan efektif dan tepat sasaran.

       Bauran promosi

Bauran promosi adalah kumpulan dari beberapa strategi promosi yang akan membuat promosi lebih tepat sasaran dan lebih menghasilkan. Adapun bauran promosi ada 4 yaitu periklanan, personal selling (interaksi langsung penjual dan pembeli), publisitas dan promosi penjualan.




 

 

Komentar