produk dan penentuan harga jual




hallo everyone hallo people dan hallo makhuk ciptaan tuhan
kali saya akan berbagai sedikit pengetahuan dalam menjadi wirausaha bagi yang ingin menjadi seorang pengusaha yak,,tp kalo yang tidak yaa gpp..nambah ilmu mudah-mudah.

pada artikel ini saya akan membahasa sedikit mengenai produk dan penentuan harga jual..produk?? nentuin harga jual?? apa itu semua??

okeh... kita bahas satu persatu .
ada yang produksi,produk,produsen dan produktivitas sama-sama depanya produk lalu apa perbedaanya masing-masing.
produksi

adalah proses atau kegiatan yang dapat menimbulkan suatu hasil yang dapat memberikan manfaat tambahan ataupun manfaat baru.bahasanya biasanya,produksi adalah suatu kegiatan menghasilkan sesuatu yang dapat berguna untuk digunakan oleh orang lain.
produk 
adalah hasil dari yang sudah di proses atau dihasilkan pada produksi berupa barang ataupun jasa.
produsen
adalah orang atau lembaga,organisasi yang menjadi yang menghasilkan produk yang di hasilkan
produktivitas

adalah suatu perbandingan dari hasil kegiatan yang senyatanya dengan hasil kegiatan yang seharusnya.
nah dari ke 4 hal tersbut bisa kita katakan bahwa suatu produk tidak akan ada jika tidak terlebih dahulu diproduksi oleh produsen yang sesuai dengan kegiatan dan hasil yang semestinya. dalam produksi ini tersbut ada bebebrapa perencanaan yang ada pada proses produksi :
     
 1. perencanaan produksi
         
adalah langkah yang harus dintetukana oleh pihak produksi untuk apa yang dipasarkan,sehingga pihak produksi dapat mudah menentukan barang atau jasa apa yang lebih baik di buat. proses-proses yang memungkinkanproduk tersebut dapat ten/vujud antara lain:
  • pembuatan model yang sesuai dengan keinginan pasar
  • bagian-bagian produk/ spesifikasi produk
  • bagaimana ukuran dan sistem perakitannya
  • pengujian mutu produk.


 2. penentuan proses produksi
     
dalam penentuan proses produksi ada 4 aspek yang harus diperhatiakn supaya dalam apa  yang kita produksi bisa sesuai dengan kebutuhan dan mendapatkan keuntungan dari apa yang di produksi, antara lain :
A. lokasi
  1. kedekatan dengan bahan baku ,bisa kita lihat apabila suatu produksi dekatan dengan bahan baku maka akan memberikan 2 manfaat utamanya seperti: menghemat biaya pengangkutan dan mempermudah penyimpanan bahan baku.
  2. lokasi dekat dengan pasar,dengan memilih lokasi produksi yang dekat dengan pasar maka akan menjadi sasaran pemasaaran produk artinya bisa mempermudah dalam proses pemasaran.sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar secara cepat.
  3. Lokasi yang memiliki sumber tenaga kerja murah. Sebagai salah satu faktor produksi,tenaga kejra harus dipertimbangkan dalam penghitungan biaya produksi. Dengan memilih wilayah produksi yang sumber daya manusianya masih murah, akan menekan pengeluaran ongkos produksi. Contohnya ketika Sony memilih Vietnam sebagai pabrik mereka, karena di sana gaji pegawai lebih rendah daripada Indonesia.   
         B. BAHAN BAKU


bahan baku pada dasaranya adalah sebuah sumber daya yang belum sekali di olah  dan tidak dapat dipergunakan lalu setelah menjalani proses pengolahan sehingga bahan baku yang awalnya bukan benda yang tidak dapat dipergunakan menjadi sangat berguna setelah di olah.dalam pemilihan kualitas bahan baku perlu memilki kualitas yang baik dan karakteristik sehingga bahan baku tersbut akan mudah dan mempunyai nilai tinggi.




        C.  PERALATAN 

 Dalam memilih peralatan dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi dan faktor teknis. Yang  dimaksud dengan faktor ekonomis berhubungan dengan biaya yang akan dikeluarkan untukpengadaan dan penggunaan alat tersebut, sedangkan faktor teknis yaitu pertimbangan yang berhubungan dengan sifat teknis peralatan tersebut.dalam produksi penggunaan peralatan akan sangat berpengaruh karena peralatan menjadi penunjang proses produksi menjadi lebih cepat ditambah lagi jika perlatan tersebut sudah bisa bekerja layaknya manusia tanpa harus digerakan,melainkan bisa bergerak sesuai perintah yang diinginkan.mengenai peralatan tersebut harus di utamakan safety dan pemeliharaan karena jika perlatan yang digunakan tidak mempunyai satandar operasi pekerjaan maka akan berdampak buruk pada proses produksi.
       
      D. TENAGA KERJA
          
         Dalam menentukan tenaga kerja perlu di lakukan pertimbangan yang di antaranya :
  1.  Jenis pekerjaan atau jabatan yang akan mereka isi;mengenai jenis pekerjaa dan tanggung jawab yang akan diberikan,seorang calon tenaga kerja harus mempunya skill atau kemampuan dalam bidang yang diambil dalam masa pekerjaan,maka dari itu tiap-tiap perusahaan memberikan masa training ke calon tenaga kerja
  2. persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengisi pekerjaan atau jabatan tersebut;   persyaratan yang harus dipenuhi ini adalah berupa identitas dan latar belakang dengan   pekerjaan yang sesuai sehingga tidak akan mempengaruhi pekerjaan 
  3. berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan.
    Dalam proses produksi perlu lah di tentukan berapa tenaga kerja yang di perlukan sehingga tidak akan membuang berapa biaya yang perlu di keluarkan untk memberikan upah kepada tenaga kerja dan juga bisa memperhitungkan berapakah pengeluaran yang perlu dikeluarkan.
     
     E.PENJADWALAN
        
Penjadwalan adalah bentuk informasi untuk rencana/ realisasi dari awal proses produksisampai jadi produk yang berupa alokasi waktu. Dalam penjadwalan ini uraian kegiatan yangberhubungan dengan bahan baku mulai diproses sampai menjadi produk dijelaskan dalam skala waktu.







 PENENTUAN HARGA JUAL







Sebelum menetapkan harga jual suatu produk hasil produksi, suatu perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menentukan harga jual suatu produk. Berikut faktor-faktor yang menentukan harga jual suatu produk yaitu:

1.Target konsumen
    Perusahaan harus mengetahui tipe-tipe konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan perusahaan  itu sendiri. Yang terpenting adalah pembagian konsumen dari ekonomi kelas menengah ke bawah maupun ke atas

2. Harga Jual Pesaing

Sebelum menetapkan harga jual produk maka seuatu perusahaan melakukan riset lapangan terlbih dahulu utuk melihat harga-harga produk yang ditetapkan oleh pesaing lain yang ada di pasaran maka bisa di ambil solusi untuk berapakah harga yang akan di jual untuk produk yang akan di pasarkan

3. Biaya

Dalam menentukan berpakah harga yang akan dijual di pasaran juga di perhatingan perhitungan dengan berapakan biaya yang sudah di keluarkan untuk produksi produk tersebut sehingga bisa memberikan keuntugan pada pengeluaran yang telah di keluarkan pada produksi,nahhh selain biaya produksi ada juga biaya operasional bisa kita kantakan biaya yang dibutuhkan untuk perusahaan supaya berjalan tetap lancar contohnya :gaji karyawan,listrik pam dall.ada juga biaya pemasaran,adalah biaya yang dikeluarkan untuk memaskan produk kita bisa itu lewat medai elektonik dan juga media langusng seperti memamerkan produk ke para calon konsumen di suatu tempat.
   
   
  


               







Komentar